Kamis, 29 November 2012

Tips Belajar Efektif Sebelum Ujian



Ketika kalian sedang mau ujian, pasti akan banyak sekali pikiran yang mengganjal. Apalagi jika kalian baru mempunyai motor kawasaki ninja 250. Sudah pasti pikiran kalian hanya tertuju pada motor tersebut. Nah berikut ini ada beberapa cara belajar efektif ketika kalian mau menghadapi ujian.

1. Waktu Yang Tepat
Waktu belajar yang paling tepat adalah ketika kondisai badan kita masih segar. Memang engga semua orang punya waktu belajar yang sama. Tapi biasanya sih, pagi hari merupakan waktu belajar yang tepat untuk berkonsentrasi penuh. Gunakan saat tersebut untuk mengolah materi-materi baru.

2. Suasan Yang Nyaman
Banyak hal yang bisa membangun suasana belajar menjadi nyaman. Kita bisa memilih lagu yang sesuai dengan mood kita saat itu. Tempat kita belajar juga bisa kita sesuaikan. Jika lagi bosan di kamar, kalian bisa belajar di teras atau mengunjungi perpustakaan.

3. Kembangkan Materi Yang Sudah Kita Pelajari
Jika kalian sudah mengulang materi dan juga sudah menjawab soal-soal latihan, jangan langsung udahan. Cobalah kita coba berpikir ala para ilmuwan. Buatlah beberapa pertanyaan yang belum ada pada soal latihan kita. Kemudian mitan guru untuk menjawabnya, dengan cara itu kita akan selalu berpikir ke depan dan kritis.

4. Catat Pokok Pelajaran
Kalian ga usah sibuk dengan catatan pelajaran yang panjang. Ambil intisarinya saja dari setiap pelajaran yang sudah kalian baca ulang. Kata-kata kunci inilah yang akan berguna nanti pada saat ujian.

5. Membaca
Supaya kita bisa paham, minimal kalian bisa baca materi dua kali dalam sehari, yaitu sebelum dan sesudah materi itu diterangkan oleh guru kita. Karena otak sudah mengolah materi sebanyak tiga kali, jadi dijamin bakal tersimpan cukup lama di otak kita.

6. Belajar itu Memahami Bukan Sekedar Menghapal
Fungsi utama belajar adalah memahami hal-hal baru. Kita boleh saja hapal semua materi pelajaran sampai detail, tapi yang terpenting apakah kita sudah mengerti betul dengan semua materi yang dihapal itu. Jadi sebelum kalian menghapal, usahakan pahami dulu garis besar materi pelajaran itu.

Nah itu dia beberapa cara belajar efektif sebelum kalian menghadapi ujian. Semoga artikel ini bermanfaat :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar