Selasa, 11 September 2012

Tips Menjaga Mata Agar Tetap Sehat



Mata adalah jendela dunia..begitu yang dikatakan semua orang. Dengan mata kita bisa melihat indahnya dunia, dengan mata kita bisa melihat sekitar kita, dengan mata kita bisa melihat orang yang kita cintai. Mata sangatlah vital bagi kita semua, semua hal yang kita kerjakan sebagian besar menggunakan mata, maka dari itu merawat mata sangatlah penting. jangan sampai mata kita menjadi rusak karena tidak pernah diperhatikan, terlebih lagi bagi kamu yang masih muda.

Jika kita ingin memiliki mata yang yang sehat dan bisa melihat sesuatu dengan jelas dan jernih, baik itu dari jarak dekat ataupun jauh. Maka kita harus melakukan beberapa hal agar kesehatan mata tetap terjaga.

Yang Pertama, jangan nonton TV terlalu delat. Menonton TV terlalu dekat sangatlah tidak baik untuk kesehatan mata kita. Untuk TV 14" kita harus menonton dalam jarak kurang lebih 2m. Nah untuk TV yang layarnya jauh lebih lebar, tentu saja harus lebih jauh lagi menontonnya.

Yang Kedua, jangan bermain komputer terlalu lama. Bermain komputer pun sama halnya dengan menonton TV. Usahakan jangan terlalu lama bermain komputer. Jika kalian bekerja  terlebih lagi dalam bidang digital advertising seperti facebook advertising, ataupun twitter ads. Maka kamu harus berhenti setiap 15-30 menit sekali dengan melihat kearah yang jauh. Ini berguna agar otot mata tidak tegang.

Yang Ketiga, Jangan terlalu dekat jika bermain video game. Ini biasanya terjadi pada orang-orang yang suka bermain game, terutama anak-anak yang masih di bawah umur. Mereka bahkan sampai tidak mempedulikan betapa dekatnya jarak antara mata dengan monitor. Tentu ini sangat bahaya jika terus terjadi secara berkelanjutan.

Yang Keempat, Jika kita sedang membaca buku maka bacalah dalam jarak pandang yang benar. Untuk membaca buku kita harus membacanya dalam jarak 30cm. selain itu penerangan pun sangat mempengaruhi. Dan jangan pernah membaca sambil tiduran, bacalah sambil duduk.

Yang Kelima, perbanyaklah makanan yang mengandung vitamin A yang tinggi dan tentu saja bergizi tinggi untuk mata dan tubuh kita. Contohnya saja seperti tomat, wortel, alpukat, pepaya, dll.

Yang Keenam, hindarilah polusi dan debu yang bertebar dimana-mana. Jika kita sedang naik motor, usahakan tutup kaca helm kita biarpun kadang mengganggu jarak pandang kita. Jika mata kemasukan debu, segera teteskan obat mata, hal itu demi menghindari terjadi infeksi atau bahkan bisa membuat mata kita menjadi katarak. Jaga agar mata kita tetap basah dan jangan sampai kekeringan.

Nah teman-teman semoga tips diatas bisa bermanfaat buat kalian semua. Ingat, jagalah selalu kesehatan mata kita supaya kita selalu bisa melihat indahnya hidup ini :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar