Minggu, 23 September 2012

Tips Memilih Gitar Akustik Yang Baik



Teman-teman semuanya, apa kabarnya nih? Ga berasa yah udah hari senin lagi..hehehe.
Kalian pada suka maen gitar ga nih? Kalau kalian suka maen gitar, ada baiknya memperhatikan beberapa hal sebelum membeli sebuah gitar akustik.

Nah berikut ini ada beberapa tips memilih gitar yang baik sebelum membelinya.

1. Cobalah cek gitar diruangan yang kecil dan diruangan yang besar. Bandingkan proyeksi suaranya. Untuk ukuran gitar yang normal, pada ruangan 3x4 harusnya suara sudah terdengar bagus.

2. Cek setiap senar. Terutama antara senar 123 dan 456 harus balance.

3. Cek suara di semua fred, jangan hanya di fred 9. Biasa gitar-gitar yang murah hanya terdengar enak di fred 9 saja. Tetapi gitar yang berkualitas akan terdengar jelas dan bagus di setiap fred.

4. Kayu ada karakter, yaitu terang dan gelap. Biasanya gitar buatan prancis dan jepang itu untuk gitar yang soft atau lembut, sangat cocok untuk main gitar klasik.

5. Tanyakan juga jenis senar yang digunakan. Biasanya ada beberapa gitar yang suaranya kecil atau tidak keluar karena senarnya terlalu light. Cobalah menggunakan senar daddario atau savarez.

6. Jangan pernah pilih gitar yang kayunya keropos. Atau kalian ajak aja teman kalian yang jago dan ngerti tentang gitar, terutama dapat mengetahui apakah gitar itu pernah di servis atau di cat ulang.

7. Cek sekali lagi fred nya. Apakah disetiap fred ada tune yang ngaco atau tidak. Jika ada tune yang ga bener, berati neck nya bengkok.

Nah buat teman-teman yang mau membeli gitar akustik, semoga saja tips-tips diatas dapat membantu kalian semua :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar