Minggu, 20 Januari 2013

Tips Agar Tetap Fokus Saat Meditasi



Mungkin kalian adalah seorang montir bengkel yang sangat handal dalam memilih desain motor. Pada saat kalian sedang fokus ingin mendesain apa, mungkin kalian butuh meditasi untuk bisa fokus terhadap apa yang akan kalian lakukan nantinya.  Nah, untuk mendapatkan manfaat dari meditasi, tentu saja diperlukan ketenangan dan pikiran yang fokus. Berikut ini beberapa tips tetap fokus saat meditasi.

1. Persiapkan Ruangan
Ruangan yang diperlukan tidak usah terlalu luas. Manfaatkan sudut ruangan yang mempunyai sirkulasi udara dan jauh dari suara bising.

2. Matras Yang Nyaman
Dalam waktu yang cukup lama, kalian akan duduk di atas matras meditasi. Jadi, pilihlah jenis bahan matras yang nyaman. Sehingga kalian akan nyaman saat duduk di atasnya.

3. Latihan Pernapasan Kalian
Beberapa dari latihan meditasi menggunakan nafas sebagai pusat utama latihan. Tetapi, apapun jenis meditasi yang kalian pilih, sebaiknya kalian mempersiapkan waktu di lima atau sepuluh menit pertama untuk melakukan latihan pernafasan.

4. Waktu Tidur Yang Cukup
Meskipun saat meditasi kalian hanya duduk, pada kenyataannya kekurangan waktu tidur akan sangat mempengaruhi keberhasilan meditasi. Tubuh yang lelah akan sangat berpengaruh pada pikiran kalian. Jika kalian tidak memiliki waktu cukup tidur, bisa jadi kalian malah tidur saat sedang latihan.

5. Musik Yang Tenang
Musik yang tenang bisa mengantarkan kalian menuju ketenangan dan pikiran yang fokus. Pilihlah jenis musik yang sesuai, misalkan saja musik klasik seperti Mozart. Hal ini akan membuat kalian lebih cepat fokus.

Demikian tips agar mudah untuk tetap fokus saat sedang meditasi. Semoga artikel ini berguna dan bermanfaat untuk semuanya :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar