Selasa, 24 Juli 2012

Tips Mencegah Timbulnya Penyakit Jantung


Seiring dengan bertambahnya usia, semakin banyak pula penyakit yang datang kepada kita, yah sebut saja namanya penyakit jantung. Penyakit ini merupakan penyakit yang berbahaya yang dapat menyebabkan kematian. Maka dari itu mulai lah dari sekarang untuk hidup sehat sebelum Anda terkena penyakit jantung.

Kata siapa penyakit jantung tidak bisa disembuhkan ? sebenarnya untuk sembuh dari penyakit jantung ini bisa dikatakan cukup lama. Nah, disini saya punya beberapa tips untuk mencegah penyakit jantung datang kepada diri Anda, untuk itu mari lihat tips nya berikut ini :

Cobalah Untuk Berhenti Merokok
Mengisap rokok sangat tidak baik untuk kesehatan jantung, maka segera hentikan kebiasaan ini agar jantung tetap sehat.

Hindari Stres
Stres memang sangat sulit dihindari jika hidup di kota besar seperti Jakarta yang dikenal karena kemacetan dan kesibukannya. Saat seseorang mengalami stres, tubuhnya akan mengeluarkan hormon cortisol yang menyebabkan pembuluh darah menjadi kaku. Hormon norepinephrine akan diproduksi tubuh saat menderita stres, yang akan mengakibatkan naiknya tekanan darah. Maka, sangat baik bila Anda menghindari stres baik di kantor atau di rumah.


Pola makan sehat dan teratur
Hindari makanan yang banyak mengandung lemak atau yang mengandung kolesterol tinggi. Seafood memiliki kandungan kolesterol tinggi yang dapat membahayakan jantung. Kurangi menyantap makanan yang digoreng yang banyak mengandung lemak, sebaliknya makanan dapat diolah dengan cara direbus, dikukus atau dipanggang.

Sebisa mungkin, produk makanan yang kita makan rendah lemak atau tanpa lemak. Pilih susu, keju, mentega atau makanan lain yang rendah lemak. Menggoreng dengan menggunakan minyak zaitun memiliki kandungan lemak yang sedikit sehingga bisa menjadi pilihan bila harus mengolah makanan dengan cara digoreng.

Jaga pola makan tidak berlebihan agar terhindar dari kegemukan, karena seseorang yang memiliki lingkar pinggang lebih dari 80 cm, berisiko lebih besar terkena penyakit ini.

Olahraga Secara Teratur
Anda dapat melakukan kegiatan olahraga seperti berjalan kaki, jalan cepat, atau jogging. Kegiatan olahraga yang bukan bersifat kompetisi dan tidak terlalu berlebihan dapat menguatkan kerja jantung dan melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh.

Nah demi menunjang semuanya itu, Anda diwajibkan untuk mengkonsumsi sumber multi vitamin yang banyak seperti yang terkadunga dalam buah bauhan, sayuran, dan mash banyak lagi. Karna dalam buah buahan dan sayuran memiliki kaya akan vitamin dan serat yang baik bagi kessehatan tubuh kita. Dengan begitu resiko untuk terkena penyakit jantung pun akan berkurang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar