Rabu, 04 Juli 2012

Perbedaan Antara Iklan Dengan Promosi


Banyak yang bertanya apa sih bedanya iklan dengan promosi ? inilah pertanyaan yang sering timbul dibenak orang orang yang belum mengerti dalam dunia periklanan terutama orang orang yang bekerja di advertising agency, Nah untuk itu disini saya akan menjelaskan serta memberikan perincian antara iklan denga promosi.


Banyak orang yang belum mengetahui perbedaan promosi dengan periklanan, berikut adalah beberapan perbedaan/karakteristik dari iklan dan promosi.

Periklanan   :


Untuk Iklan sendiri dapat diartikan sebagai berikut :

  • Iklan atau Advertising, adalah kegiatan untuk mengumumkan keberadaan sebuah product atau business kepada publik, sebagai bagian dari kegiatan untuk menaikkan angka penjualan
  • menawarkan suatu produk kepada konsumen dengan cara mengemukakan alasan supaya membeli.
  • Berupaya untuk mengkomunikasikan pesan penjualan.
  • Seringkali digunakan untuk membangun citra merk produk.
  • Senantiasa menambahkan nilai persepsi pada suatu merk.
  • Dari segi aksinya, periklanan umumnya lebih baik digunakan dalam membangun kesadaran (awareness) akan merk, dan dalam memposition merk diantara para pesaingnya.
  • Hasilnya tidak bias diukur secara pasti

Sedangkan untuk promosi dapat diartikan sebagai berikut :

  • Adanya pemberian incentive atau rewards untuk merangsang pasar bergerak dan bertindak (membeli) product yang di kampanyekan dalam ajang promosi tersebut saat itu juga.
  • Promosi selalu menggunakan rewards dan limited offers (penawaran dalam kondisi terbatas)
  • Promosi memberikan hadiah bagi semua orang yang mau membeli product yang dipromosikan tersebut saat itu juga atau dalam tenggang waktu masa promosi.
  • Promosi  selalu ada Tenggang waktu yang diberlakukan sebagai alat stressing bagi kegiatan tersebut
  • Menambahkan nilai sebenarnya dalam upaya menciptakan penjualan.
  • Promosi lebih kuat dalam menstimulasi pembelian produk baru, dan jauh lebih efektif dalam mengembangkan distribusi suatu produk, serta membantu membujuk konsumen untuk ‘menyetok’ merk tertentu.
Bagaimana ? apakah Anda sudah mengerti apa itu perbedaan antara Iklan dengan Promosi ? semoga artikel saya ini bermanfaat bagi Anda.
Terimakasih

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar