Jumat, 12 Oktober 2012

Cara Mengecat Bodi Mobil Atau Motor



Membeli perlengkapan bayi memang selalu menyenangkan dan mengasyikan. Apalagi jika belinya bersama keluarga tercinta dan si kecil yang imut, pasti terasa bahagia. Mungkin kalian berbelanja dengan menggunakan mobil pribadi, dan mungkin kalian pernah merasa bosan dengan warna mobil yang sepertinya terlihat kusam dan ingin menggant warna cat nya. Nah berikut ini ada beberapa cara mengecat bodi mobil ataupun motor yang baik.

1. Ampelas dulu bagian yang ingin kalian cat dengan menggunakan ampelas ukuran 800 yang anti-air. Setelah itu kita haluskan dengan ampelas yang ukuran 1000.

2. Setelah di ampelas, sekarang di cuci dulu pakai air bersih dan keringkan dengan lap kain. Kemudian kita panaskan di bawah terik matahari sampai benar-benar kering.

3. Setelah kering, kita cat permukaannya dengan menggunakan Epoxy, setelah selesai kita keringkan kembali dibawah terik matahari. Lalu kita ampelas menggunakan ampelas 1200, jangan sampai habis, cukup sampai rata saja.

4. Lalu kita cuci lagi dengan air dan kita keringkan dengan kain yang halus.

5. Setelah itu kita cat dengan warna cat dasar, bisa warna putih atau abu-abu. Pilih merk cat yang sudah terkenal dan memiliki kualitas bagus. usahakan cat di tempat terbuka sehingga terkena sinar matahari langsung. Kemudian kita keringkan lagi, setelah kering kita ampelas lagi menggunakan ampelas 1200. Untuk mengampelas, kita hanya perlu mengampelas tipis-tipis saja.

6. Setelah itu kita masuk kedalam tahap pengecatan. Pilih warna cat yang sesuai dengan selera kalian. Untuk perbandingan cairnya cat, kita bisa dengan perbandingan 1 liter cat : 4 liter thiner Super A. Dalam pengecatan, cukup menarik satu kali spoit cat, jangan di ulang-ulang. Hal itu agar terlihat rata. Setelah selesai, kita keringkan kembali.

7. Jika warna cat yang buka warna dop seperti metalik, kadang suka sedikit tidak rata atau terlihat seperti luber. Kalian bisa mengampelas lagi dengan ampelas 1000, setelah rata kita cat lagi.

8. Setelah selesai mengecat, sekarang saatnya kita melakukan tahap pernis. Pilih pernis yang sudah terkenal dan memiliki kualitas yang baik. Dengan pernis maka warna cat mobil akan terlihat mengkilap walau tidak di cuci.

nah teman-teman, semoga saja tips-tips ini dapat bermanfaat dan berguna untuk kalian semuanya :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar